Cerita

Upaya Menikmati Minggu Malam Sebelum Senin Datang

Ada banyak cara melarikan diri dari rasa jenuh saat menggarap tulisan. Menonton Youtube maupun film, main game, mendengarkan musik, dan tidur. Jika terlalu banyak melakukan kegiatan barusan, biasanya tulisan itu akan segera terlupakan dan sudah kehilangan minat untuk menyelesaikannya. Sejauh ini, bagi saya ada cara lain yang ampuh untuk meneruskannya. Membaca karya idola biasanya bikin… Lanjutkan membaca Upaya Menikmati Minggu Malam Sebelum Senin Datang

Iklan
Cerita

Obrolan di Dapur

Di dapur. Di dapur ibuku sedang mencuci piring. Di dapur ibuku sedang mencuci piring, sedangkan aku lagi menggoreng tempe. Sembari menunggu tempe itu matang, aku bertanya kepadanya, “Bu, gimana caranya nangis?” Ibuku menoleh dan melihat wajahku. “Kamu kenapa emang? Mau nangis karena belum dapet-dapet kerja tetap?” “Enggak tahu nih. Rasanya mau nangis aja.” “Udahlah, santai… Lanjutkan membaca Obrolan di Dapur

Cerita

Sampah yang Mungkin Berguna

Idk why i let people treat me like shit. Adakalanya aku mengalami hal buruk sebagaimana yang tertulis di kalimat itu. Tapi, aku betul-betul bingung kenapa malah telat sadar. Sekalipun nanti aku sudah tahu, bodohnya masih tetap membiarkan mereka melakukan hal yang semena-mena terhadapku. Misalnya, sewaktu bekerja lepas di suatu media, aku berulang kali menuruti seorang… Lanjutkan membaca Sampah yang Mungkin Berguna

Cerita

Menahan Diri

Akhir-akhir ini aku menghabiskan waktu dengan banyak membaca--buku, apa pun itu jenisnya; koran bekas; berita di internet atau media massa; dan, tentu saja, blog teman-teman--daripada menulis. Biasanya juga begitu, sih. Namun, kali ini aku betul-betul sedikit sekali menumpahkan pikiran dan perasaanku menjadi sebuah tulisan. Aku pun entah kenapa mulai mengurangi membuka Twitter. Berusaha tidak berkomentar… Lanjutkan membaca Menahan Diri

Cerita

Malam

Apa yang menarik dari kata "malam"? Menurutku, karena kata itu merupakan palindrom--dibaca dari depan maupun belakang bentuknya sama saja. "Lalu apa yang menyedihkan dari kata itu?" tanyamu. "Ketika malam kehilangan huruf 'm' yang di depan, kau harus menjaganya tetap begitu dan tidak boleh merusaknya. Lalu, jangan biarkan 'm' yang di belakang menempati kekosongan itu," jawabku.… Lanjutkan membaca Malam

Cerita

Jawabnya Ada di Ujung Langit

Setelah saya beri tahu soal tulisan Mimpi Itu dari Mana Datangnya, M merespons terharu hingga kami mengobrol di Line dan bertukar kabar. Rindu yang terlalu lama dipendam itu akhirnya sudah betul-betul tersampaikan ke orangnya. Padahal, cukup dengan menulis dan memberi tahu orangnya itu saya sudah lega banget. Saya tidak berharap apa-apa akan respons dia. Lalu… Lanjutkan membaca Jawabnya Ada di Ujung Langit

Cerita

Mimpi Itu dari Mana Datangnya?

--buat M, seorang teman baik yang pernah meminjamkan telinganya untuk mendengarkan cerita saya. * Saya menelepon kamu lewat Line. Dalam hitungan detik, kamu mengangkatnya. Saya mengucapkan salam, lalu kamu menjawabnya dan bertanya, "Kenapa, Yog?" "Saya kangen."   Saya enggak tahu kenapa langsung ngomong begitu. Kamu pun terdiam. Hanya ada desah napas yang terdengar. Saya kemudian… Lanjutkan membaca Mimpi Itu dari Mana Datangnya?